Kamis, 01 Juni 2017

Mengenal Dunia Startup pada Seminar 1000 Startup Digital


Startup merpupakan sebuah bisnis rintisan atau sebuah perusahaan baru. Namun startup juga sangat berkaitan dengan teknologi. Pada program 1000 stratup digital pada hari Sabtu, 27 Mei 2017. Para peserta di berikan beberapa materi seminar dari para expertise  dibidang startup. Banyak petinggi perusahaan rintisan tersebut yang hadir pada kegiatan tersebut seperti Ruang guru, Ruma, Jojonomic, Gojek. Ada juga perwakilan dari Kemkominfo, bank Bukopin serta perwakilan dari penyelenggara acara yaitu Kibar. Salah satunya bercerita tentang bagaimana cara membangun sebuah startup. Pada seminar tersebut dijelaskan bahwa sebuah startup yang baik dan dapat bertahan lama adalah startup yang mempunyai ide bisnis yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang nyata, permasalahan tersebut dirasakan oleh banyak orang/ suatu kelompok dan solusi yang diberikan oleh startup tersebut bisa mengatasi permasalahan tersebut. Dengan begitu suatu startup dapat bertahan lama Karena ide yang mereka hasilkan sangat membantu menyesaikan suatu permasalahan dan tepat guna. Selain itu solusi yang diberikan oleh suatu startup juga harus  dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat atau target pasarnya, sehingga solusi dapat langsung dirasakan.
Selain itu startup juga harus memikirkan bagaimana cara mereka mendapatkan keuntungan dari proses bisnis mereka atau yang biasa disebut monetization . Selain itu speakers seminar juga bercerita tentang salah satu factor suatu startup bisa berhasil, yaitu dengan mempunyai team yang membunyai latar bekang yang beragam. Pembicara seminar pada waktu itu memberikan suatu fakta, bahwa hampir seluruh startup di Silicon Valley, mempunyai anggota team yang mempunyai keberagaman latar belakang. Dengan adanya keberagaman pada suatu team, maka kreatifitas serta adanya ide – ide atau solusi yang out of the box akan dihasilkan oleh team tersebut. Speakers juga bercerita bagaimana pengalaman serta jatuh bangun mereka dalam mendirikan startup mereka masing – masing, mereka bercerita bahwa jika ingin mendirikan suatu startup yang akan berhasil, maka kita harus benar benar memikirkan bagaimana kita dapat memberikan suatu kebermanfaatan yang konkret dan tidak hanya berfikir untuk menghasilkan keuntungan saja.

Selain itu, pada acara seminar tersebut juga dibahas tentang Fintech yang pada tahun 2016 mulai ramai diperbicangkan Karena satu dan lain halnya. Beberapa pembicara yang didatangkan untuk membicarakan hal tersebut adalah CEO dari Jojonomic dan Pinjam.co.id . Mereka bercerita bagaimana sebuah Fintech dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan finansial atau akuntansi. Akan tetapi karena ini suatu hal yang baru di Indonesia mengakibatkan keterlambatan dikeluarkannya regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan sehingga itu sedikit menghambat perkembangan fintech di Indonesia, Namun itu tidak membuat para penggiat bisnis rintisan ini berhenti untuk menjalani bidang ini, banyak starup dibidang fintech yang kini mulai bermunculan dengan ide bisnis sepertoi  digital wallet, Payment gateway, Digital Accounting  dan Digital Banking. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar